Friday, April 12, 2013

Cermat Dalam Memilih Busi



Sebagai pemantik api pada ruang bakar kendaraan, busi adalah salah satu bagian terpenting dari pengapian. Pilihan busi untuk mesin mobil atau motor kini sangat banyak, khususnya untuk performance plug (busi kualitas premium). Banyaknya varian dan merek busi membuat pilihan semakin sulit.

Menurut Krissanto Ariyudhi, Tehnical Support Spare Part PT. Topindo Atlas Asia, ada 4 tipe busi yakni standar, platinum, iridium dan molidium. Di Indonesia sendiri yang sudah akrab dengan dunia otomotif adalah busi tipe standar dan iridium.

Sebagai distributor spare parts DURATION dan ACTION 1, TOP 1 Indonesia telah memperkenalkan busi DURATION tipe Racing dan Double Iridium sejak akhir 2011 lalu.

Busi tipe Racing yang dimiliki DURATION adalah hasil upgrade dari busi standar. Dimana busi tipe-R ini cocok untuk harian, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Namun busi DURATION tipe-R ini tidak direkomendasikan untuk balapan resmi.

Kelebihan lain dari busi DURATION adalah tipe Double Iridium. Jadi, busi ini melebihi busi iridium merek lain. Dengan aplikasi 2 Iridium, dipastikan pengapian pada pembakaran lebih fokus dan mendongkrak semburan api yang lebih cepat dan pembakaran lebih sempurna.

Kualitas busi DURATION Double Iridium telah dibuktikan Tim Motocross X-Pedisi di kejuaraan nasional motocross maupun grasstrack. Busi DURATION Double Iridium telah beberapa kali ikut mengantarkan krose-kroser dari tim X-Pedisi meraih podium di beberapa kejuaraan di Pulau Jawa. Hal ini dikemukakan Koh Ade, tuner tim motocross ini.

"Sejak diluncurkan, kami langsung mencoba busi DURATION Double Iridium pada semua motor yang digunakan untuk kompetisi, hasilnya sungguh menggembirakan. Ternyata pengapian yang dihasilkan dari busi ini mampu membantu performa dan akselerasi motor-motor balap kami," ungkap KoDe, tuner Tim X-Pedisi.

Perbandingan Busi

Busi Standar
Busi dengan ujung elektroda terbuat dari nikel dan diameter elektroda pusat (center electrode) 2.5 mm. Umur busi berkisar 5000 - 20,000 km.

Busi Racing
Busi yang dirancang untuk bekerja pada suhu, temperatur dan kompresi tinggi serta mesin dengan pemakaian akselerasi dan deselerasi mendadak. Busi DURATION Racing adalah hasil upgrade busi standar.

Busi Iridium
Busi dengan ujung elektroda terbuat dari iridium alloy. Diameter pusat elektroda 0.6 - 0.8 mm. Umur busi berkisar 50,000 - 70,000 km.

Busi Double Iridium
Busi dengan electrode terbuat dari iridium dan side electrode dari welding iridium. Diameter elektroda 1.6 mm. Keuntungan busi Double Iridium adalah umur pakai lebih lama, pengapian lebih sempurna, tarikan lebih enteng, dan bahan bakar pun jadi lebih irit.

Sumber : www.merdeka.com

0 comments:

Post a Comment